Senin, 26 Desember 2016

Transmisi Data


TRANSMISI DATA
Transmisi data adalah proses melakukan pengiriman data dari salah satu sumber data ke penerima data menggunakan komputer atau media elektronik.
Transmisi data di bagi dua yaitu :
a.       Transmisi Data Analog
Transmisi data analog adalah suatu kegiatan mengirim informasi melalui media transmisi fisik dalam bentuk gelombang. Data ditransmisikan melalui gelombang pembawa, yaitu gelombang sederhana yang hanya bertujuan untuk mengangkut data dengan modifikasi salah satu karakteristiknya (amplitudo, frekuensi atau fasa). Oleh karena itu, transmisi analog juga sering disebut carrier wave modulation transmission.
b.   Transmisi Data Digital
Transmisi digital adalah pengiriman informasi melalui media komunikasi fisik dalam bentuk sinyal digital. Sinyal analog juga harus didigitalkan terlebih dahulu sebelum dikirim. Namun, karena informasi digital tidak dapat dikirim langsung dalam bentuk 0 dan 1, maka informasi tersebut harus dikodekan terlebih dahulu, proses ini disebut dengan demodulasi. Sedangkan proses pengubahan sinyal digital menjadi analog disebut modulasi.

A.    Media Transmisi Data
Data transmisi melewati transmitter (pemancar) dan receiver (penerima) melalui media transmisi,.
Menurut medium perambatannya dibagi menjadi dua, yaitu :
1.    Media yang dituntun (guided media), gelombang – gelombang dituntun melewati jalur fisik,
a.       Kabel Twisted Pair
Description: Gambar-Karakteristik-Kabel-Twisted-Pair









·               Deskripsi Secara Fisik
Terdiri dari dua isolasi kawat tembaga yang diatur dalam suatu spiral yang terlindungi. Susunan ini membantu meminimkan interferensi antar kabel.
Conductor
Conductor merupakan kawat tembaga yang terletak di tengah-tengah dan berfungsi sebagai media konduktor listrik.
Insulator
Tiap-tiap kawat tembaga dilapisi oleh insulator yang memiliki warna berbeda, dimana fungsi lapisan yang satu ini adalah untuk melindungi kawat tembaga agar tidak bersentuhan langsung dengan kawat tembaga lainnya saat dipilin.
CableJacket
Di bagian paling luar, terdapat cable jacket yang berfungsi sebagai pelindung kabel Twisted Pair itu sendiri terhadap gangguan dari luar.
·               Penggunaan
Dipakai pada sistem telepon dan untuk komunikasi jarak jauh dengan data rate 4 Mbps atau lebih.
·               Karakteristik Transmisi
Untuk sinyal analog, diperlukan amplifier setiap 5 sampai 6 km sedangkan untuk sinyal digital diperlukan repeater setiap 2 sampai 3 km. Bila dibandingkan media lain, maka terdapat keterbatasan dalam jarak, bandwidth, dan data rate. Selain itu, media ini mudah terkena interferensi dan noise.
b.      Kabel Koaksial
Description: Gambar-Karakteristik-Kabel-Coaxial
·               Deskripsi Secara Fisik
Terdiri dari konduktor silinder rongga luar yang mengelilingi suatu kawat konduktor tunggal. Kedua konduktor dipisahkan oleh bahan isolasi. 
Kabel tembaga (centre core)
Kabel tembaga (centre core) yang terletak di tengah-tengah ini berfungsi sebagai media konduktor listrik.
Lapisan plastik (dielectric insulator)
Lapisan plastik (dielectric insulator) ini berfungsi sebagai pemisah antara kabel tembaga dan lapisan metal (metallic shield) yang melingkupinya.

Lapisan metal (metallic shield)
Lapisan metal (metallic shield) ini berfungsi sebagai pelindung terhadap gangguan interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekeliling kabel.
Lapisan plastik (plastic jacket)
Lapisan plastik (plastic jacket) ini berfungsi sebagai pelindung bagian terluar dari kabel itu sendiri.

·               Penggunaan
Dipakai dalam : transmisi telephone dan televisi jarak jauh, television distribution (TV kabel), local area networks, dan short-run system links.
·               Karakteristik Transmisi
-  Tidak mudah terkena noise bila dibandingan dengan twisted pair sehingga dapat digunakan secara efektif pada frekuensi-frekuensi tinggi dan data rate yang tinggi.
-  Untuk transmisi analog yang jauh, dibutuhkan amplifier setiap beberapa kilometer sedangkan untuk transmisi digital, diperlukan repeater setiap kilometer.
c.       Fiber Optic
·               Deskripsi Secara Fisik
Suatu medium fleksibel tipis yang mampu menghantarkan sinar dengan menggunakan prinsip pemantulan sempurna. Berbagai kaca dan plastik dipakai untuk membuatnya.

·               Karakteristik
o  Karakteristik fiber optik yang membedakannya dari twisted pair dan kabel koaksial:
-          Bandwidth yang lebih besar : data rate sebesar 2 Gbps dengan jarak 10 kilometer dapat dicapai
-          Ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan 
-          Attenuation yang lebih rendah 
-          Isolasi terhadap elektromagnetik : sehingga tidak mudah terkena interferensi dari elektromagnetik eksternal
-          Jarak antar repeater yang lebih jauh. Sistim transmisi fiber optik di Jerman dapat mencapai data rate 5 Gbps dengan jarak 111 km tanpa repeater.
o  Range frekuensi antara 1014sampai 1015 Hz yang meliputi spektrum yang tampak dan bagian dari spektrum infrared. 

2.    Media yang tidak dituntun (unguided media), menyediakan suatu device untuk mentransmisi gelombang elektromagnetik tetapi tanpa menuntunnya, contoh : penyebaran melalui udara, hampa udara, dan air laut. Wireless atau Wi-fi adalah media transmisi unguided, media ini hanya bisa mentransmisikan data dan tidak dijadikan untuk pemandu. Transmisi data yang terdapat pada jaringan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah alat bantu yang dikenal dengan antenna atau transceiver.

B.     Jalur Transmisi Data
Jalur transmisi merupakan suatu alat yang mampu mengirimkan informasi dengan menggunakan peralatan yang lain.
Jalur transmisi data ini dibagi menjadi 3 macam yakni:
a.       Multicast
Multicast adalah proses komunikasi yang dilakukan 2 alat yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan alat yang disebut server. Server yaitu yang biasa yang kita gunakan untuk mengakses internet.
Contoh : server yang digunakan untuk mengakses internet. Server tersebut mampu melayani beberapa komputer yang terhubung dengan media, dan dalam proses ini komputer yang dihubungi mampu memberikan respon balik terhadap server tersebut.
b.      Broadcast
Broadcast adalah alat yang terhubung dengan berbagai alat lainnya, kerja alat ini adalah hanya dapat mengirimkan data atau informasi tetapi tidak dapat menerima data tersebut dari alat lainnya.
Contoh : televisi, yang biasa kita tonton.

c.       Unicast
Unicast sebenarnya sama dengan multicast, tetapi perbedaannya adalah multicast dapat dilakukan banyak orng di alat yang sama.
Contoh : jika A dapat mengakses internet, maka B juga dapat mengakses internet, tetapi jika Unicast hanya 2 orang saja yang dapat mengakses itu, contohnya jika A sedang berbicara dengan B lewat telefon maka C tidak dapat menelfon dengan B di dalam waktu yang bersamaan.

C.    Konfigurasi Jalur Transmisi Data
Konfigurasi jalur transmisi data adalah susunan dari jalur transmisi data tersebut, susunannya ada 2 macam yaitu :
a.      Point to point
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxSLgVLpl6spzk4NWXA3AvXzRos-10iiQ-m6DfVqS4WxGqUbqYKDpBh0SjnUT7yIpq8JuigCvxQYKtomNLzaqY_wCrQ_c-tujEXP0gFDRXf1nUPI8hs7RvXIOBJsyF7DMLn2EFVgUWyrYR/s200/20.jpg
Maksudnya yaitu susunannya itu terhubung satu peralatan dengan peralatan tanpa terbagi. Tanpa terbagi dengan maksud apa yang di tampilkan oleh peralatan 1 maka akan sama di alat ke 2, intinya sama persis, seperti printer, printer akan mencetak apa yang di tampilakan pada PC atau komputer.
b.     Point to multipoint
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_6u0KoAMoJqka6wtb885NY0mBhPgmQZs80LSv8tILqU7gddHtS9ecpQvm6nmCc6HQBkiscWK62SDrMbAYIpiaTdczxEbOTdkASoNVj8bJmyDTxHeVUqgB9RP50tHDTGzr0Kj7O-SCCHUT/s200/21.jpg
Artinya satu alat dapat terhubung dengan banyak alat lain contohnya adalah pemancar televisi yang dapat menyiarkan acara televisinya ke rumah masing masing orang.




D.    Arah Kanal Transmisi
Dapat diartikan sebagai pipa yang menghubungkan dua unit alat untuk mengirimkan datanya. Dimana kedua kanal yang terhubung tersebut memungkinkan untuk melakukan transfer data dalam saluran atau jalur tersebut. Dengan adanya kanal transmisi tersebut memungkinkan kedua perangkat atau alat untuk terkoneksi / terhubung untuk melakukan komunikasi baik satu arah maupun dua arah. Untuk menentukan arah transmisi dalam kanal tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian yakni:
1. Simplex
            Arah transmisi ini dikatakan juga dengan istilah one way transmission, dalam arah kanal transmisi Simplex hanya dapat melakukan komunikasi / transmisi satu arah saja seperti yang terdapat pada pemancar televisi atau pemancar radio. Dengan arah transmisi satu arah ini memungkinkan penerima data / informasi bersifat pasif serta tak dapat memberikan respon balik terhadap pengirim informasi / data.
2. Half Duplex
Biasa disebut dengan either way transission dapat melakukan komunikasi / transmisi data dengan dua arah, akan tetapi tidak dapat melakukan transmisi data secara bersamaan, namun untuk melakukan transmisi data dua arah (Half Duplex) ini harus bergantian.
Contoh alat yang menggunakan transmisi data model Half Duplex ini adalah Walkie-talkie, dimana ketika seseorang berbicara maka alat yang satunya hanya dapat digunakan untuk mendengarkan saja dan tidak dapat digunakan untuk berbicara bersamaan.
3. Full Duplex
            Arah transmisi ini disebut juga dengan both way transmission. Dimana kedua alat yang terhubung dapat melakukan transmisi data bersamaan. Pada saat komunikasi tengah terjadi, masing masing unit dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data sekaligus.
Contoh alat yang menggunakan teknologi  full duplex adalah Handphone, telephone.
E.     Mode Transmisi
Mode transmisi itu dapat di katakan sebagai tahapan yang  ada di dalam saat mengirimkan suatu data. Mode transmisi di bagi menjadi 2 yaitu:
a.                   Parallel transmission
Data dapat dikirimkan serentak menggunakan beberapa jalur sekaligus. Jadi untuk mode transmisi model ini, jalur yang digunakan tentu lebih dari satu media transmisi. Data akan dikirimkan terus menerus menggunakan jalur-jalur yang disediakan tersebut sampai semua data selesai dikirimkan.

b.     Serial transmission
Dalam jalur ini yang disediakan hanya ada satu, dimana data nantinya akan dikirimkan secara bergantian hingga semua data tersebut nanti dapat diterima oleh pengirim.
Ø  Synchronous transmission
Bisa dikatakan bahwa data yang ingin di kirim itu dijaga dan diatur dengan baik sehingga saat peneriman menerima data tersebut, data tersebut dalam kondisi baik saat diterima.

Ø  Asynchronous transmission
Biasanya digunakan orang dengan menggunakan 2 alat yang bekerjanya tidak selaras yang menyebabkan informasi yang di terima itu berupa informasi tambahan dan saat mengirimkan data itu harus ada persetujuan dari 2 alat tersebut untuk saling berhubungan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar